"Selamat Datang di Situs Berilfo Terlengkap, Terupadate Bagi Anda Yang Berminat Untuk Memasang Iklan Silahkan Via SmS atau email "

7 Juni 2013

Belanda Mempermalukan Tuan Rumah Indonesia dengan Score 3-0


Lemah dalam duel-duel udara dan stamina yang kurang mumpuni menjadi beberapa faktor penyebab kekalahan 3-0 Indonesia dari tangan Belanda dalam laga uji coba di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (7/6).

Tim Garuda sebenarnya sempat mengimbangi Oranje tanpa gol di babak pertama. Ketika itu beberapa peluang dari Robin van Persie dkk di babak pertama masih mampu dimentahkan berulang kali oleh penampilan gemilang kiper Kurnia Meiga.

Sayangnya, kedudukan 0-0 itu tidak mampu dipertahankan pasukan Jacksen Tiago selepas turun minum. Sepasang gol sundulan dari Siem de Jong dan satu gol Arjen Robben di akhir laga menunjukkan adanya perbedaan kelas di kedua tim.

Babak Pertama

Tak sampai satu menit sesudah kick-off, Belanda sebenarnya sudah bisa unggul lebih dulu lewat sontekan Robin van Persie memanfaatkan bola muntah dari sundulan Wesley Sneijder. Sayang, striker Manchester United itu dalam posisi off-side. Tiga menit berselang, kembali RvP mengancam gawang Kurnia Meiga lewat sepakan kaki kanannya yang masih menyamping di kanan gawang.

Sepanjang babak pertama, pasukan Louis van Gaal terus menekan pertahanan Indonesia. Penguasaan bola praktis menjadi milik Oranje. Penjaga gawang Kurnia Meiga menjadi salah satu pemain tersibuk di kotak penalti. Kiper Arema ini berulang kali memotong, melompat, dan berjibaku untuk menghentikan laju bola dari Belanda. Berkumpulnya para pemain Indonesia di kotak penalti juga menjadi penyebab Van Persie dkk kesulitan membobol gawang Meiga.

Sementara itu, tuan rumah Indonesia tak memiliki banyak memiliki alternatif serangan selain lewat counter attack. Salah satunya di menit 23. Serangan balik cepat dari lini belakang berhasil meloloskan Greg Nwokolo sendirian di depan. Sayang Erik Pieters mampu mengejar Greg dan sukses menggagalkan peluang Tim Merah Putih.

Tak lama berselang, terjadi hal unik ketika para pemain meminta time-out kepada wasit Noor Mohamed asal Malaysia. Kedua kesebelasan pun terlihat mengambil nafas sejenak dan minum di pinggir lapangan sambil mendapat pengarahan dari pelatih.

Di 15 menit terakhir babak pertama, tercatat empat kali Van Persie memiliki peluang yang gagal ia maksimalkan. Menit 30, meski tanpa pengawalan, ia masih belum mampu menanduk sempurna umpan silang dari Daryl Janmaat. Tiga menit berselang, tendangan bebas yang didapatkan Belanda juga gagal ia manfaatkan. Begitu juga dengan tendangan jarak dekatnya di menit 37 yang masih melebar di atas gawang Indonesia. Di injury time, lagi-lagi Van Persie gagal menuntaskan peluangnya setelah mampu diblok Meiga.

Tepat sebelum paruh pertama berakhir, kembali Meiga berhasil mengamankan gawang Indonesia. Kali ini, ia sukses menggagalkan tendangan jarak dekat yang dilepaskan oleh Sneijder. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Di babak kedua, skema permainan tak berubah. Belanda terus menggempur Indonesia. Kali ini, Belanda sukses menemukan celah di barisan pertahanan Indonesia. Hasilnya langsung tampak di menit 57. Sundulan pemain pengganti Siem de Jong sukses merobek gawang Indonesia setelah memanfaatkan umpan silang dari Ruben Schaken. Belanda sukses mencetak gol pertamanya.

Di menit berikutnya, gelandang serang yang kerap berposisi sebagai striker ini kembali mengancam gawang Meiga. Untungnya, tendangan De Jong dari luar kotak penalti masih bisa ditahan oleh Kurnia Meiga. Berikutnya, giliran Ricky van Wolfswinkel yang nyaris membobol gawang Indonesia. Umpan silang dari Janmaat tidak mampu dikontrol dengan sempurna oleh striker anyar Norwich City ini.

Gol kedua Belanda seakan-akan tinggal menunggu waktu saja dan langsung tercipta di menit 67. Kembali Siem de Jong yang menjadi momok di pertahanan Indonesia. Kapten Ajax ini sukses menyambut umpan corner Arjen Robben yang terlebih dahulu diteruskan oleh Schaken. Sundulannya tidak mampu diantisipasi oleh lini pertahanan Indonesia dan Belanda unggul 2-0.

Usai time-out di pertengahan babak kedua, Indonesia mendapatkan peluang terbaik. Mendapatkan bola dari belakang, Andik Vermansyah menggiring bola dari pinggir lapangan tengah, melewati kawalan salah seorang pemain Belanda, sebelum melepas tendangan keras dari ujung kotak penalti. Sayang, bola masih membentur kaki lawan sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Memasuki 10 menit terakhir, Indonesia tampak terkuras fisiknya setelah digempur habis-habisan sepanjang laga. Hal ini dimanfaatkan oleh Arjen Robben di menit 90 yang sanggup melewati dua pemain belakang Indonesia sebelum melepaskan tendangan keras dari jarak dekat untuk membobol gawang Indonesia. Sampai injury time empat menit, skor 3-0 untuk Belanda tidak berubah.

Susunan Pemain:

Indonesia: Meiga; Salampessy (Zulkifly 48'), Igbonefo, M.Roby, Tony; Maitimo, Jufriyanto; Greg (Andik 46'), Wanggai (Bustomi 46'), Boaz, Van Dijk (Ian Kabes 67).
Cadangan: Made Wirawan, Andrytani, Ruben Sanadi, Vendry Mofu, Hendro Siswanto.

Belanda: Cillessen (Vermeer 46'); Janmaat (Tiendalli 66'), Vlaar, Pieters (Heitinga 46'), Nelom; De Guzman, Sneijder (Siem de Jong 46'), Toornstra; Lens (Robben 14'), Van Persie (Van Wolfswinkel 46'), Schaken.
Cadangan: Vorm, Duarte, Kuyt.
Bagikan Artikel Ini :

Artikel Terkait

Mungkin Ini Juga Yang Anda Cari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Artikel Terupdate Disini

[Get This]

Lintas

Site Meter My Ping in TotalPing.com

Sponsor Link

Sponsor Link